Akses Jalan Semakin Bagus Pengangkutan Hasil Pertanian Di Desa Aeknauli Semakin Mudah

 Akses Jalan Semakin Bagus Pengangkutan Hasil Pertanian Di Desa Aeknauli Semakin Bagus


Jalan usaha tani di desa Aek Nauli Empat Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara kini semakin baik berkat pengalokasian dana desa yang bersinergi dengan APBD dan dana paint atau percepatan ekonomi nasional.

Akses Jalan Semakin Bagus Pengangkutan Hasil Pertanian Di Desa Aeknauli Semakin Bagus
Akses Jalan Semakin Bagus Pengangkutan Hasil Pertanian Di Desa Aeknauli 4 Semakin Mudah


warga di desa berpenduduk 297 kepala keluarga dengan jumlah 1500 jiwa didominasi oleh petani nenas sebelumnya akses jalan usaha tani di desa ini masih berlumpur dan jalan tanah hal ini berdampak pada access pengangkutan pertanian melambat.


namun saat ini berkat kucuran dana desa dan APBD serta dana penjualan usaha tani di desa ini sudah semakin baik lebih banyak.


care Simanjuntak mengatakan perhatian pemerintah untuk desa mereka sangat besar terutama di era pemerintahan Nixon Nababan.


perhatian pemerintah terhadap Desa mereka tidak hanya pembangunan di sektor pertanian tetapi juga di bidang kesehatan dan pendidikan yang merata di setiap daerah.


Bapak bupati telah membangun poskesdes dan prasarana pendidikan menurut Camat Sipahutar Ronald Silitonga, Kecamatan Sipahutar adalah penghasil Nenas.


Hasil produksi pertanian nenas mencapai hingga 50 mobil pick-up per hari menjadi sasaran penjualan nanas dari Sipahutar adalah kota Medan Pematangsiantar deliserdang Batam,Aceh,Pasar Induk Kramat Jati Jakarta dan daerah lainnya.


Jumlah anggaran dana desa tahun 2020 untuk l snapshoot sebesar 20,3 milyar rupiah hanya ada dua sasaran yang pertama untuk penanganan copid19 termasuk pembagian bantuan langsung tunai kepada Masyarakat.


penerima kurang lebih sisanya digunakan untuk pembangunan fisik di desa sesuai dengan hasil musyawarah desa masing-masing yang pada umumnya yaitu pembukaan jalan Untuk  air bersih dan irigasi.


Namun saat ini dengan akses jalan usaha tani yang semakin baik akses petani Mengangkut hasil Tani maupun pupuk lokasi pertanian lebih mudah.Melansir Dari Toba Tv Tapanuli Utara gompang Gultom melaporkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak