Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020

Omset bisnis makanan anda sedang menurun ?
mau tau tips untuk meningkatkan omset bisnis makanan anda?simak ulasannya Pada Artikel ini sampai akhir.Dunia kuliner yang sifatnya dinamis memang menuntut para pengusaha kuliner untuk terus berinovasi.

Jumlah omset menjadi salah satu pertimbangan pengusaha kuliner dalam menentukan strategi marketing berikutnya agar mampu bersaing dengan kompetitor.

Jika peningkatan omset dibarengi dengan kenaikan laba, itu berarti strategi pemasaran yang dijalankan terbukti berhasil. Namun bila sebaliknya, itu tandanya anda harus segera mengevaluasinya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan omset dalam bisnis makanan? Berikut ini tips meningkatkan omset dalam bisnis makanan yang perlu anda ketahui.

Omset bisnis makanan anda sedang menurun ? mau tau tips untuk meningkatkan omset bisnis makanan anda?simak ulasannya Pada Artikel ini sampai akhir.Dunia kuliner yang sifatnya dinamis memang menuntut para pengusaha kuliner untuk terus berinovasi.   Jumlah omset menjadi salah satu pertimbangan pengusaha kuliner dalam menentukan strategi marketing berikutnya agar mampu bersaing dengan kompetitor.  Jika peningkatan omset dibarengi dengan kenaikan laba, itu berarti strategi pemasaran yang dijalankan terbukti berhasil. Namun bila sebaliknya, itu tandanya anda harus segera mengevaluasinya.  Lalu bagaimana cara meningkatkan omset dalam bisnis makanan? Berikut ini tips meningkatkan omset dalam bisnis makanan yang perlu anda ketahui.   Produk beragam Makanan Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020  1. Gunakan sosial media marketing  Memasarkan produk anda di sosial media sekarang ini termasuk salah satu kewajiban. Alasannya sederhana kok, sosial media mampu menjangkau lebih banyak orang dan gratis. Anda bisa mempelajari cara-cara promosi di sosial media, baik itu yang gratis maupun berbayar.   “Loh katanya tadi gratis tapi kok berbayar?”Sejatinya memang gratis, anda bisa promo di facebook, instagram ataupun twitter dan itu semua gratis. Lalu untuk berbayar anda bisa menggunakan fitur seperti facebook ads ataupun ig ads.Jika memang itu dirasa kurang, anda juga bisa kok beriklan di google.  Nah kembali ke yang gratisan. Promo Gratisan tidak berarti jelek, berbayar tidak berarti pasti bagus hasilnya.Promo gratisan itu bisa dengan membuat konten-konten menarik atau edukatif.   Contohnya di instagram “haus” yaitu haus.indonesia  sering tuh ada konten video tiktok lucu karyawan haus, kuis dan diselingi promo-promo menarik.Ini semua gratis tetapi mampu menarik hati konsumen.  Terus yang berbayar gimana?Menggunakan fitur iklan berbayar mampu mempercepat tersebarnya promo yang sedang anda adakan.Contoh sederhananya seperti ini, jika postingan anda mampu menjangkau 10 orang, menggunakan iklan berbayar bisa meningkatkannya hingga 10x lipatnya.  Ingat ini hanya contoh yah.Iklan berbayar bukan hanya fb ads atau ig ads, melakukan endorse atau paid promote juga bisa disebut dengan iklan berbayar.  Memanfaatkan para influencer di instagram bisa dibilang cukup efektif selama anda mengetahui follower influencer yang anda pilih tersebut cocok dengan target pasar anda.    Misalnyaa memilih influencer dengan jumlah followers 1 juta.Jika 100 ribu saja followersnya melihat postingan promosi produk anda dan 10 ribunya menjadi konsumen baru bagi anda tentu akan cepat meningkatkan omset anda. Contohnya sih seperti itu.  Pelajari juga bagaimana teknik photografi untuk makanan Di youtube, instagram dan tiktok ada banyak contoh-contoh teknik photografi untuk makanan  Misalnya anda bisa cari di youtube "tutorial fotografi makanan" maka akan muncul video-video tentang tata cara memfoto makanan yang bagus.Ini merupakan kunci agar sosial media anda dilirik oleh calon kosumen.  Karena mereka tidak bisa merasakan dengan indra perasanya hanya mampu melihat produk anda lewat gambar.   Namun demikian tidak perlu sampai diedit berlebihan karena nantinya konsumen bisa kecewa apabila kenyataannya tidak sesuai ekspektasi.eh maksudnya kecewa apabila produk aslinya tidak sesuai dengan gambar yang anda posting.   Jika punya dana lebih sih anda bisa gunakan saja jasa fotografer handal biar anda fokus ke closingan saja.  Intinya adalah menggunakan sosial media marketing adalah sebuah keharusan apalagi jika target pasar anda adalah generasi milenial yang sangat lekat dengan media sosial.  Usahakan anda memanfaatkan setiap platform yang anda. Jadi tidak hanya terpaku pada 1 platform saja. cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  2. Bermitra dengan ojek online  Bermitra dengan ojek online baik itu gojek maupun grab akan menjadi keuntungan bagi usaha kuliner anda.  Melihat fakta bahwa perilaku konsumen sekarang ini cukup banyak yang menggunakan ojek online untuk memesan makanan.  Selain itu, anda juga bisa melakukan kerja sama untuk promosi voucher atau diskon menu tertentu di aplikasi ojek online tersebut.Promo-promo seperti ini juga biasanya ada banyak konsumen yang mencarinya. Itu saja kah? Tentu saja tidak  Dengan melakukan kemitraan ini, selain meningkatkan jangkauan usaha kuliner anda. Ini akan memudahkan konsumen untuk memesan produk anda.  Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa perilaku konsumen sekarang ini cukup banyak yang menggunakan ojek online untuk memesan makanan.  Beberapa kategori di dalam layanan GoFood dan GrabFood akan mempermudah pelanggan untuk menemukan restoran atau warung anda. Mereka tidak akan kesulitan menemukan restoran  sebab berbagai hal penunjang pun sudah dilengkapi secara otomatis salah satunya GPS dan alamat lengkap berapa jarak tempuh pun bisa langsung dilihat. Biasanya restoran anda akan secara otomatis masuk ke kategori “Near Me”.   Artinya, para pengguna aplikasi yang berada di sekitar, akan dapat melihat restoran anda pada daftar kategori tersebut.Hal menguntungkan lainnya yaitu anda tidak memerlukan kurir antar. Sebab para driver siap kapan saja melayani anda.  Jadi anda tak peru lagi repot-repot mencari ojek atau kurir karena layanan GoFood dan GrabFood satu paket dengan Go-jek dan Grab.   Anda hanya tinggal fokus berinovasi dengan makanan yang akan anda tawarkan kepada pelanggan dan tinggal menunggu orderan.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  3. Evaluasi menu anda  Adakalanya konsumen merasa bosan dengan produk makanan yang itu-itu saja. menjadi jenuh dan ingin mendapatkan sesuatu yang baru.   Masih ingat dengan donat indomie? Hotang? es kepal milo? Kalau sudah lupa tidak apa-apa. Kalau diingat kembali seberapa mudahnya anda mendapatkan menu-menu tersebut?Gimana dengan sekarang?  Mengevaluasi menu dimaksudkan juga untuk menjaga konsumen tetap loyal pada anda.   Sembari tetap menjaga idealisme usaha kuliner anda, mengikuti tren dan melakukan inovasi harus tetap dilakukan.Jika hari ini es kopi naik daun, bukan berarti selamanya anda jualan es kopi. Cobalah berinovasi baik dari segi rasa, bahan hingga tampilan. Agar usaha kuliner anda tidak bernasib sama dengan makanan-makanan yang sudah saya sebutkan tadi.  Menu-menu baru yang tak kalah ciamik bisa menjadi magnet bagi konsumen baru datang ke tempat anda.  Bisa jadi penurunan omset terjadi karena konsumen jenuh dengan menu yang ditawarkan. Atau karena terlalu banyaknya yang menjual menu yang serupa.  Anda juga bisa menggarap menu-menu yang sedang viral. Selama itu masih berkaitan dengan usaha kuliner anda ya tidak masalah.   Contohnya anda punya usaha bakso, lalu viral nih bakso sebesar bola basket. Tidak masalah bila anda ingin mencoba menyediakan di warung anda.  Atau jika anda punya usaha katering, karena sekarang sedang masa pandemi dan orderan menurun boleh juga dicoba untuk membuat dessert box yang sedang digemari sekarang ini.atau membuat menu-menu yang menyehatkan. Menu vegetarian bisa jadi solusi untuk konsumen yang punya kesadaran lebih terhadap kesehatannya.   Lakukan riset mendalam mengenai menu vegetarian ini supaya tidak salah kaprah.Maksud hati ingin membuat menu sehat tetapi karena kurang riset malah jadi menu sakit.Dengan mengevaluasi menu, besar kemungkinan pasar yang lesu akan kembali bergerak. Konsumen yang tadinya “ah menunya itu lagi itu lagi” jadi penasaran dengan menu baru anda.    carameningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  4. Melakukan up dan cross selling  Melakukan cross selling memang paling tepat dilakukan untuk bisnis kuliner. Bagi yang belum mengetahui apa itu cross selling bisa dikatakan ya menjual barang pelengkap dari kebutuhan konsumen.   Di usaha kuliner sangat mudah melakukan cross selling anda bisa tawarkan minuman yang cocok dengan makanan yang anda jual. Jika anda menjual ayam geprek, tawarkan es teh manis yang bisa jadi pelengkap yang tepat.Jika anda jualan roti bakar, menawarkan kopi bisa jadi teman sempurna.  Mungkin anda sering mendapatkan tawaran-tawaran makanan pelengkap di resto cepat saji seperti “mau tambah pudingnya kak?”, “es krimnya lagi promo kak”, itulah sekilas tentang cross selling.    Contoh lain misal anda jualan kebab, anda bisa tawarkan pada konsumen anda apakah mau tambah keju atau tambah telur.  Cross selling dimaksudkan untuk meningkatkan omset penjualan meski konsumen hanya mengeluarkan tambahan uang sebesar 2 atau 5 ribu rupiah saja.  tekhnik memaksa dalam tanda kutip ini memberikan konsumen penawaran yang sulit ditolaknya.  Selain cross selling, anda juga bisa menggunakan tekhnik up selling.Tekhnik up selling ini “memaksa” pelanggan untuk membeli baik barang dengan harga lebih tinggi atau barang dengan profit lebih besar Sekali lagi memaksa dalam tanda kutip yah dalam upaya untuk membuat penjualan yang lebih menguntungkan.   Contohnya ketika pelanggan datang bertiga bersama kawannya kemudian memesan porsi untuk 3 orang. Anda bisa tawarkan paket bundling atau paket combo untuk 5 orang.Yang jika dihitung-hitung paket kombo ini lebih murah ketimbang pesan 3 porsi terpisah.   cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  5. Perluas target pasar  Dalam dunia usaha, memperluas target pasar itu hal yang lumrah.Pengalaman saya menjadi reseller fashion muslim membuktikan,ketika awal berjualan fashion muslim itu hanya menargetkan wanita usia dewasa saja.  Namun sekarang ini brand-brand fashion muslim selain membuat seri keluarga, ternyata juga menggarap pasar anak.Dengan motif yang sama dibuatlah gamis untuk ukuran anak. Sehingga menonjolkan kekompakan ibu dan anak perempuannya.Di usaha kuliner juga sama. Anda tau happy meal kids dari McD?   Apa yang mcd lakukan itu adalah strategi memperluas target pasarnya. Meski sejatinya anak-anak juga bisa makan mcd ukuran biasa tetapi McD menawarkan berbagai mainan sebagai bonus disetiap pembelian menu happy meal yang tidak di dapatkan di menu biasa.  Anda bisa membuat menu porsi kecil, tingkat kepedasan yang cocok untuk anak, atau minuman yang berbahan dasar susu dan buah untuk menarik pelanggan anak-anak.   Jika anda punya tempat yang cukup luas, bolehlah menyediakan tempat bermain anak. Letakan saja mainan-mainan seperti bola, prosotan, kuda-kudaan, dsb. Hal ini jadi daya tarik bagi keluarga kecil sehingga bisa makan sambil mengajak anaknya bermain.  Disamping itu membuka cabang atau bahkan membuka franchise bisa jadi opsi lainnya dalam memperluas pasar usaha anda. Membuka cabang artinya mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang anda pasarkan.   Karenamemang tidak bisa dipungkiri ada pecinta kuliner yang terhambat untuk merasakan produk anda karena jauhnya lokasi atau tidak adanya cabang usaha anda di kota mereka.  Misalnya saya ingin merasakan kepedasan richeese factory tetapi karena di kota saya tidak ada cabang richeese maka saya harus pergi ke kota sebelah,  jaraknya lumayan jauh, sehingga niat untuk membeli produk tersebut tidak terlaksana. Anda tinggal menduplikasi apa yang sudah anda kerjakan sebelumnya.   Sehingga cabang baru atau franchise yang baru sudah memiliki SOP, bagaimana melayani pelanggan, bagaimana resepnya, bagaimana mengolah makanan dan sebagainya.  Diharapkan dengan membuka cabang ini akan melipat gandakan omset dan keuntungan usaha makanan anda.  Bila belum ada modal membuka cabang, cobalah dengan membuka stand seperti saat car free day atau tempat yang disediakan oleh pemerintah setempat.Meski waktunya hanya diakhir pekan tetapi cukuplah untuk menggenjot naik omset usaha kuliner anda.   cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  6. Tingkatkan target penjualan  Meningkatkan target penjualan akan memacu anda bekerja lebih ekstra dari sebelumnya. Usaha untuk menghasilkan 10 penjualan akan berbeda dengan usaha untuk menghasilkan 100 penjualan.  Meningkatkan target penjualan bukan sekedar menuliskan angka atau targetnya saja tetapi harus dibarengi dengan usaha dan doa. Usaha yang dilakukan misalkan meningkatkan anggaran untuk promo.   Di awal tadi dijelaskan ya bahwa kita itu harus menggunakan sosial media marketing dan juga bermitra dengan ojek online.Itu semua cara mempromosikan usaha anda demi meningkatnya omset.  Bila dirasa masih kurang anda juga bisa menarik pembeli dengan menggunakan voucher belanja.Coba disini siapa yang sering mendapatkan sms voucher promo CFC? Nah strategi ini bisa anda tiru untuk usaha kuliner anda.  “wah tapi kan saya harus tau dong nomor hp calon konsumen?”Yang ditiru itu strategi promo vouchernya bukan media sms nya.Jadi ketika ada konsumen membeli di kedai anda, langsung tuh kasih 1 buah voucher. Entah itu voucher makan gratis atau potongan harga, sesuaikan aja lah.  Selain digunakan untuk menggaet konsumen baru, strategi promosi menggunakan voucher juga dapat diberikan kepada pelanggan lama,sebagai bentuk apresiasi kepada kesetiaan pelanggan.  Dan dapat membuat hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dekat lagi.Jangan sampai lupa mencantumkan syarat dan ketentuan pada voucher,seperti mencantumkan tanggal berlaku, nilai nominal, cara penukaran, dan sebagainya.  Karena pelanggan tidak akan menghargai jika merasa tertipu.Jadi lebih baik memberikan penjelasan dari awal tentang syarat dan ketentuannya,untuk mencegah kesalahpahaman atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  7. Berpartisipasi di kegiatan masyarakat  Menjadi sponsor sebuah kegiatan di masyarakat akan menjadi salah satu pilihan dalam mengiklankan usaha anda. Menjadi sponsor bukan sekedar memberi bantuan berupa uang tetapi berbentuk produk usaha anda. Saya teringat ketika dulu di SMA akan membuat event dan mendapat sponsor dari sosro.Kami tidak diberi bantuan berupa uang tetapi diberi produk senilai uang dalam proposal yang kami ajukan. Skema seperti ini bisa anda tiru.Cobalah untuk ikut serta dalam setiap event besar yang ada di sekitar anda.   Tidak harus selalu pameran kuliner.Karena pameran kuliner itu anda wajib ikuti. Event seperti 17 agustusan atau event hari besar nasional lainnya bisa anda manfaatkan. Entah itu menjadi sponsor, membuka stand produk anda atau bahkan membagikan makanan / minuman secara gratis dalam kegiatan amal misalnya.  Kegiatan amal seperti ketika terjadi bencana alam atau bencana kemanusiaan bisa menjadi cara promosi sekaligus beramal.  Keikutsertaan usaha anda dalam kegiatan amal seperti ini bisa memunculkan branding di benak masyarakat bahwa usaha anda juga peduli terhadap sesama.  Mempromosikan produk dan merk anda memang sangat cocok dilakukan di kegiatan yang melibatkan orang banyak.Produk anda akan dikenal lebih luas lagi dan jika memang produk anda sudah terbukti rasanya enak, ini akan meningkatkan kredibilitas dari usaha anda.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  8. Adakan event khusus  Buatlah event khusus seperti kontes kecil-kecilan di sosial media.Seperti membuat video review pendek tentang makanan anda.  Jika ini terlalu mainstream, cobalah membuat kontes menulis essay pendek misalkan menggunakan kata-kata yang sudah anda tentukan. Kata-katanya berkaitan dengan produk yang anda jual.   Jika ini terlalu mainstream, cobalah membuat kontes menulis essay pendek misalkan menggunakan kata-kata yang sudah anda tentukan. Kata-katanya berkaitan dengan produk yang anda jual.   Contohnya produk galendo, kata-kata yang wajib dipakai atau harus ada dalam essay tersebut yaitu galendo, kelapa, wangi, dan ciamis. Misalnya saja seperti itu.  Anda juga bisa membuat event yang sedang ramai di masyarakat. Buat kontes video tiktok dengan tema produk anda, buat acara gowes bareng dengan titik kumpul atau titik akhirnya di tempat anda.  Mengadakan live musik dengan menggaet musisi lokal juga bisa dilakukan.  Jika tempat anda cukup luas, bisa saja anda mengadakan event lain yang penting mampu menarik animo masyarakat atau suatu komunitas tertentu.  Seperti momen ketika ada piala dunia, piala eropa, atau partai super bigmatch bisa anda manfaatkan untuk mengadakan nobar di tempat anda.  Dengan sistem tiket seharga makanan plus minuman. Selain itu cobalah untuk membuat event setiap ada menu baru yang muncul di usaha anda.   Ini bertujuan untuk cek ombak apakah menu ini bisa diterima oleh pelanggan anda atau tidak.  Berbagai bentuk promosi bisa anda lakukan, entah membagikannya secara gratis dalam bentuk kecil, menyarankan secara langsung kepada pelanggan atau promosi potongan harga dalam suatu masa periode tertentu.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  9. Naikan harga sedikit  Tidak ada salahnya ketika anda memilih untuk meningkatkan harga produk yang anda jual.  Apalagi di masa sekarang ini dimana produk bahan makanan terus meningkat.  Penyesuaian ini hanya salah satu pilihan logis agar bisnis anda tetap berjalan dan terus melayani pelanggan. Usahakan agar penyesuaian harga ini tidak terlalu memberatkan pelanggan anda apalagi membuat galau calon konsumen karena harganya jadi tidak terjangkau.  Kenaikan seribu atau dua ribu bisa dianggap wajar. Misalnya dari 12 ribu ke 13 ribu. Penyesuaian harga ini sebaiknya dibarengi juga dengan peningkatan kualitas khususnya bahan yang digunakan.  Sehingga ketika pembeli mengeluarkan uangnya untuk membeli produk anda, mereka tidak hanya terpuaskan lidahnya oleh produk anda tetapi mendapatkan pengalaman makan di tempat yang nyaman misalnya. atau mendapatkan pelayanan yang menyenangkan. Itu akan menjadi nilai lebih usaha anda.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  10. Tambah meja dan kursi  Salah satu upaya demi meningkatkan kualitas layanan yaitu menambah kursi dan meja. Bagi pengusaha kuliner yang mempunyai tempat tetap salah satu masalah adalah ketika pelanggan yang sudah selesai makan tetapi masih nongkrong di mejanya sehingga pelanggan yang baru datang tidak kebagian kursi.  Atau ada konsumen yang datang sendiri memesan secangkir kopi sambil mengerjakan tugas seharian di meja yang sebetulnya anda sediakan untuk 4 orang.  Ini juga masalah jika meja dan kursi anda terbatas.  Terlalu banyak pelanggan salah, tidak ada pelanggan apalagi.Anda bisa tambah kapasitas meja kursi jika memungkinkan,beberapa kafe misalkan sekarang punya konsep kafe rooftop sehingga maksimal untuk menampung pelanggan. Atau tempat yang terbuka sehingga konsumen yang suka merokok juga bisa bebas.  Menambah kenyamanan juga bagi konsumen yang tidak merokok karena ruangan jadi bebas asap rokok.   Kafe yang terakhir saya datangi bahkan konsepnya lesehan di bawah pohon rindang. Sehingga konsumen bisa memilih untuk duduk di ruangan yang instagramable atau menyatu dengan alam di bawah pohon.   Namun pilihan untuk menambah kapasitas meja dan kursi perlu anda pertimbangkan.Apalagi jika usaha anda ditujukan untuk anak muda yang biasanya datang bergerombol.  cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah  11. Tingkatkan kualitas layanan  Omset bisnis yang lesu tidak selalu berarti dipengaruhi oleh menu, tempat atau harga.Bisa jadi karena pelayanan anda yang kurang maksimal bahkan terkesan judes, galak dan jutek. Mau bukti?Saya pernah datang ke salah satu dokter kandungan untuk mengantar istri.   Awalnya saya hanya merasa bahwa resepsionisnya itu sedang lelah karena cukup banyak yang sedang antri sehingga terkesan judes.  Namun ketika beberapa kawan saya datang ke tempat yang sama hal yang serupa mereka alami. Oh berarti memang seperti itu, bukan karena sedang lelah atau apa. Akhirnya saya tidak pernah mengantar istri saya cek disana lagi. Hal seperti ini lumrah terjadi ketika kita berhubungan dengan pelayanan.   Bukannya kita tidak boleh merasa lelah atau badmood tetapi kesan yang ditangkap konsumen pertama kali akan cukup bagi mereka untuk memutuskan apakah mereka akan datang lagi atau tidak.  Berbeda halnya ketika saya datang ke sebuah cafe, begitu sampai di pintu langsung disambut senyuman hangat meski terhalang masker.  Kemudian karyawan tersebut dengan sopan mengecek suhu tubuh saya.  Ketika pulang, beberapa karyawan yang saya lewati memberikan ucapan terima kasih sudah datang dan berharap saya datang kembali. Meski makanannya biasa saja namun keramahan para karyawan mulai dari masuk hingga pulang itu begitu terasa berkesan.Mungkin saya akan datang lagi kesana.  Selain keramahan yang seperti itu, anda juga bisa memberikan pelayanan ekstra seperti menyediakan tisu, tusuk gigi, payung untuk mengantar konsumen ke parkiran apabila hujan, lap untuk membersihkan kaca mata bila ada pelanggan berkacamata yang memesan makanan beruap dan lain sebagainya.  Ada begitu banyak yang bisa anda tawarkan kepada pelanggan demi meninggalkan kesan yang baik di benak pelanggan. Selain itu di masa pandemi ini menyediakan tempat cuci tangan menjadi satu keharusan. Bila memungkinkan usaha kuliner anda juga menyediakan fasilitas drive thru.  Tidak usah lah seperti pengusaha besar tetapi sesuaikan saja yang penting pelanggan anda tidak perlu turun kendaraan.Sekarang ini kan jadi serba drive thru, rapid test drive thru, wisuda drive thru hingga kondangan drive thru.   Namun Jika produk anda dimasak lama tentu tidak mungkin. Sistem drive thru ini hanya untuk makanan yang cepat atau siap saji saja.Karena jika harus menunggu 10 menit bisa macet jalanan. Contoh kecil yang pernah saya lihat sih yang jualan es campur ketika bulan Ramadhan.Es campurnya sudah disediakan dan pas banget pemilihan lokasinya di bahu jalan yang cukup lebar sehingga para pembeli tidak menghalangi kendaraan di belakangnya.  Mungkin Itulah Yang Bisa anda coba praktekan untuk Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020
Produk beragam Makanan

Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020

1. Gunakan sosial media marketing


Memasarkan produk anda di sosial media sekarang ini termasuk salah satu kewajiban. Alasannya sederhana kok, sosial media mampu menjangkau lebih banyak orang dan gratis. Anda bisa mempelajari cara-cara promosi di sosial media, baik itu yang gratis maupun berbayar.

“Loh katanya tadi gratis tapi kok berbayar?”Sejatinya memang gratis, anda bisa promo di facebook, instagram ataupun twitter dan itu semua gratis. Lalu untuk berbayar anda bisa menggunakan fitur seperti facebook ads ataupun ig ads.Jika memang itu dirasa kurang, anda juga bisa kok beriklan di google.
Nah kembali ke yang gratisan. Promo Gratisan tidak berarti jelek, berbayar tidak berarti pasti bagus hasilnya.Promo gratisan itu bisa dengan membuat konten-konten menarik atau edukatif.
Contohnya di instagram “haus” yaitu haus.indonesia  sering tuh ada konten video tiktok lucu karyawan haus, kuis dan diselingi promo-promo menarik.Ini semua gratis tetapi mampu menarik hati konsumen.

Terus yang berbayar gimana?Menggunakan fitur iklan berbayar mampu mempercepat tersebarnya promo yang sedang anda adakan.Contoh sederhananya seperti ini, jika postingan anda mampu menjangkau 10 orang, menggunakan iklan berbayar bisa meningkatkannya hingga 10x lipatnya.

Ingat ini hanya contoh yah.Iklan berbayar bukan hanya fb ads atau ig ads, melakukan endorse atau paid promote juga bisa disebut dengan iklan berbayar.

Memanfaatkan para influencer di instagram bisa dibilang cukup efektif selama anda mengetahui follower influencer yang anda pilih tersebut cocok dengan target pasar anda.
Misalnyaa memilih influencer dengan jumlah followers 1 juta.Jika 100 ribu saja followersnya melihat postingan promosi produk anda dan 10 ribunya menjadi konsumen baru bagi anda tentu akan cepat meningkatkan omset anda. Contohnya sih seperti itu.

Pelajari juga bagaimana teknik photografi untuk makanan Di youtube, instagram dan tiktok ada banyak contoh-contoh teknik photografi untuk makanan

Misalnya anda bisa cari di youtube "tutorial fotografi makanan" maka akan muncul video-video tentang tata cara memfoto makanan yang bagus.Ini merupakan kunci agar sosial media anda dilirik oleh calon kosumen.

Karena mereka tidak bisa merasakan dengan indra perasanya hanya mampu melihat produk anda lewat gambar.
Namun demikian tidak perlu sampai diedit berlebihan karena nantinya konsumen bisa kecewa apabila kenyataannya tidak sesuai ekspektasi.eh maksudnya kecewa apabila produk aslinya tidak sesuai dengan gambar yang anda posting.

Jika punya dana lebih sih anda bisa gunakan saja jasa fotografer handal biar anda fokus ke closingan saja.

Intinya adalah menggunakan sosial media marketing adalah sebuah keharusan apalagi jika target pasar anda adalah generasi milenial yang sangat lekat dengan media sosial.

Usahakan anda memanfaatkan setiap platform yang anda. Jadi tidak hanya terpaku pada 1 platform saja. cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

2. Bermitra dengan ojek online


Bermitra dengan ojek online baik itu gojek maupun grab akan menjadi keuntungan bagi usaha kuliner anda.
Melihat fakta bahwa perilaku konsumen sekarang ini cukup banyak yang menggunakan ojek online untuk memesan makanan.
Selain itu, anda juga bisa melakukan kerja sama untuk promosi voucher atau diskon menu tertentu di aplikasi ojek online tersebut.Promo-promo seperti ini juga biasanya ada banyak konsumen yang mencarinya.
Itu saja kah? Tentu saja tidak

Dengan melakukan kemitraan ini, selain meningkatkan jangkauan usaha kuliner anda. Ini akan memudahkan konsumen untuk memesan produk anda.

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa perilaku konsumen sekarang ini cukup banyak yang menggunakan ojek online untuk memesan makanan.

Beberapa kategori di dalam layanan GoFood dan GrabFood akan mempermudah pelanggan untuk menemukan restoran atau warung anda. Mereka tidak akan kesulitan menemukan restoran
sebab berbagai hal penunjang pun sudah dilengkapi secara otomatis salah satunya GPS dan alamat lengkap berapa jarak tempuh pun bisa langsung dilihat.
Biasanya restoran anda akan secara otomatis masuk ke kategori “Near Me”.

Artinya, para pengguna aplikasi yang berada di sekitar, akan dapat melihat restoran anda pada daftar kategori tersebut.Hal menguntungkan lainnya yaitu anda tidak memerlukan kurir antar. Sebab para driver siap kapan saja melayani anda.

Jadi anda tak peru lagi repot-repot mencari ojek atau kurir karena layanan GoFood dan GrabFood satu paket dengan Go-jek dan Grab.

Anda hanya tinggal fokus berinovasi dengan makanan yang akan anda tawarkan kepada pelanggan dan tinggal menunggu orderan.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

3. Evaluasi menu anda


Adakalanya konsumen merasa bosan dengan produk makanan yang itu-itu saja. menjadi jenuh dan ingin mendapatkan sesuatu yang baru.

Masih ingat dengan donat indomie? Hotang? es kepal milo? Kalau sudah lupa tidak apa-apa. Kalau diingat kembali seberapa mudahnya anda mendapatkan menu-menu tersebut?Gimana dengan sekarang?
Mengevaluasi menu dimaksudkan juga untuk menjaga konsumen tetap loyal pada anda.

Sembari tetap menjaga idealisme usaha kuliner anda, mengikuti tren dan melakukan inovasi harus tetap dilakukan.Jika hari ini es kopi naik daun, bukan berarti selamanya anda jualan es kopi.
Cobalah berinovasi baik dari segi rasa, bahan hingga tampilan. Agar usaha kuliner anda tidak bernasib sama dengan makanan-makanan yang sudah saya sebutkan tadi.

Menu-menu baru yang tak kalah ciamik bisa menjadi magnet bagi konsumen baru datang ke tempat anda.

Bisa jadi penurunan omset terjadi karena konsumen jenuh dengan menu yang ditawarkan. Atau karena terlalu banyaknya yang menjual menu yang serupa.

Anda juga bisa menggarap menu-menu yang sedang viral. Selama itu masih berkaitan dengan usaha kuliner anda ya tidak masalah.

Contohnya anda punya usaha bakso, lalu viral nih bakso sebesar bola basket. Tidak masalah bila anda ingin mencoba menyediakan di warung anda.

Atau jika anda punya usaha katering, karena sekarang sedang masa pandemi dan orderan menurun boleh juga dicoba untuk membuat dessert box yang sedang digemari sekarang ini.atau membuat menu-menu yang menyehatkan. Menu vegetarian bisa jadi solusi untuk konsumen yang punya kesadaran lebih terhadap kesehatannya.

Lakukan riset mendalam mengenai menu vegetarian ini supaya tidak salah kaprah.Maksud hati ingin membuat menu sehat tetapi karena kurang riset malah jadi menu sakit.Dengan mengevaluasi menu, besar kemungkinan pasar yang lesu akan kembali bergerak. Konsumen yang tadinya “ah menunya itu lagi itu lagi” jadi penasaran dengan menu baru anda. 
carameningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

4. Melakukan up dan cross selling


Melakukan cross selling memang paling tepat dilakukan untuk bisnis kuliner. Bagi yang belum mengetahui apa itu cross selling bisa dikatakan ya menjual barang pelengkap dari kebutuhan konsumen.

Di usaha kuliner sangat mudah melakukan cross selling anda bisa tawarkan minuman yang cocok dengan makanan yang anda jual. Jika anda menjual ayam geprek, tawarkan es teh manis yang bisa jadi pelengkap yang tepat.Jika anda jualan roti bakar, menawarkan kopi bisa jadi teman sempurna.

Mungkin anda sering mendapatkan tawaran-tawaran makanan pelengkap di resto cepat saji seperti “mau tambah pudingnya kak?”, “es krimnya lagi promo kak”,
itulah sekilas tentang cross selling.
Contoh lain misal anda jualan kebab, anda bisa tawarkan pada konsumen anda apakah mau tambah keju atau tambah telur.

Cross selling dimaksudkan untuk meningkatkan omset penjualan meski konsumen hanya mengeluarkan tambahan uang sebesar 2 atau 5 ribu rupiah saja.
tekhnik memaksa dalam tanda kutip ini memberikan konsumen penawaran yang sulit ditolaknya.

Selain cross selling, anda juga bisa menggunakan tekhnik up selling.Tekhnik up selling ini “memaksa” pelanggan untuk membeli baik barang dengan harga lebih tinggi atau barang dengan profit lebih besar Sekali lagi memaksa dalam tanda kutip yah dalam upaya untuk membuat penjualan yang lebih menguntungkan.

Contohnya ketika pelanggan datang bertiga bersama kawannya kemudian memesan porsi untuk 3 orang.
Anda bisa tawarkan paket bundling atau paket combo untuk 5 orang.Yang jika dihitung-hitung paket kombo ini lebih murah ketimbang pesan 3 porsi terpisah.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

5. Perluas target pasar


Dalam dunia usaha, memperluas target pasar itu hal yang lumrah.Pengalaman saya menjadi reseller fashion muslim membuktikan,ketika awal berjualan fashion muslim itu hanya menargetkan wanita usia dewasa saja.

Namun sekarang ini brand-brand fashion muslim selain membuat seri keluarga, ternyata juga menggarap pasar anak.Dengan motif yang sama dibuatlah gamis untuk ukuran anak. Sehingga menonjolkan kekompakan ibu dan anak perempuannya.Di usaha kuliner juga sama. Anda tau happy meal kids dari McD?

Apa yang mcd lakukan itu adalah strategi memperluas target pasarnya.
Meski sejatinya anak-anak juga bisa makan mcd ukuran biasa tetapi McD menawarkan berbagai mainan sebagai bonus disetiap pembelian menu happy meal yang tidak di dapatkan di menu biasa.

Anda bisa membuat menu porsi kecil, tingkat kepedasan yang cocok untuk anak, atau minuman yang berbahan dasar susu dan buah untuk menarik pelanggan anak-anak.

Jika anda punya tempat yang cukup luas, bolehlah menyediakan tempat bermain anak. Letakan saja mainan-mainan seperti bola, prosotan, kuda-kudaan, dsb.
Hal ini jadi daya tarik bagi keluarga kecil sehingga bisa makan sambil mengajak anaknya bermain.

Disamping itu membuka cabang atau bahkan membuka franchise bisa jadi opsi lainnya dalam memperluas pasar usaha anda. Membuka cabang artinya mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang anda pasarkan.
Karenamemang tidak bisa dipungkiri ada pecinta kuliner yang terhambat untuk merasakan produk anda karena jauhnya lokasi atau tidak adanya cabang usaha anda di kota mereka.

Misalnya saya ingin merasakan kepedasan richeese factory tetapi karena di kota saya tidak ada cabang richeese maka saya harus pergi ke kota sebelah,
jaraknya lumayan jauh, sehingga niat untuk membeli produk tersebut tidak terlaksana. Anda tinggal menduplikasi apa yang sudah anda kerjakan sebelumnya.

Sehingga cabang baru atau franchise yang baru sudah memiliki SOP, bagaimana melayani pelanggan, bagaimana resepnya, bagaimana mengolah makanan dan sebagainya.

Diharapkan dengan membuka cabang ini akan melipat gandakan omset dan keuntungan usaha makanan anda.

Bila belum ada modal membuka cabang, cobalah dengan membuka stand seperti saat car free day atau tempat yang disediakan oleh pemerintah setempat.Meski waktunya hanya diakhir pekan tetapi cukuplah untuk menggenjot naik omset usaha kuliner anda.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

6. Tingkatkan target penjualan


Meningkatkan target penjualan akan memacu anda bekerja lebih ekstra dari sebelumnya. Usaha untuk menghasilkan 10 penjualan akan berbeda dengan usaha untuk menghasilkan 100 penjualan.

Meningkatkan target penjualan bukan sekedar menuliskan angka atau targetnya saja tetapi harus dibarengi dengan usaha dan doa. Usaha yang dilakukan misalkan meningkatkan anggaran untuk promo.

Di awal tadi dijelaskan ya bahwa kita itu harus menggunakan sosial media marketing dan juga bermitra dengan ojek online.Itu semua cara mempromosikan usaha anda demi meningkatnya omset.

Bila dirasa masih kurang anda juga bisa menarik pembeli dengan menggunakan voucher belanja.Coba disini siapa yang sering mendapatkan sms voucher promo CFC?
Nah strategi ini bisa anda tiru untuk usaha kuliner anda.

“wah tapi kan saya harus tau dong nomor hp calon konsumen?”Yang ditiru itu strategi promo vouchernya bukan media sms nya.Jadi ketika ada konsumen membeli di kedai anda, langsung tuh kasih 1 buah voucher.
Entah itu voucher makan gratis atau potongan harga, sesuaikan aja lah.

Selain digunakan untuk menggaet konsumen baru, strategi promosi menggunakan voucher juga dapat diberikan kepada pelanggan lama,sebagai bentuk apresiasi kepada kesetiaan pelanggan.

Dan dapat membuat hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dekat lagi.Jangan sampai lupa mencantumkan syarat dan ketentuan pada voucher,seperti mencantumkan tanggal berlaku, nilai nominal, cara penukaran, dan sebagainya.

Karena pelanggan tidak akan menghargai jika merasa tertipu.Jadi lebih baik memberikan penjelasan dari awal tentang syarat dan ketentuannya,untuk mencegah kesalahpahaman atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

7. Berpartisipasi di kegiatan masyarakat


Menjadi sponsor sebuah kegiatan di masyarakat akan menjadi salah satu pilihan dalam mengiklankan usaha anda. Menjadi sponsor bukan sekedar memberi bantuan berupa uang tetapi berbentuk produk usaha anda. Saya teringat ketika dulu di SMA akan membuat event dan mendapat sponsor dari sosro.Kami tidak diberi bantuan berupa uang tetapi diberi produk senilai uang dalam proposal yang kami ajukan. Skema seperti ini bisa anda tiru.Cobalah untuk ikut serta dalam setiap event besar yang ada di sekitar anda.

Tidak harus selalu pameran kuliner.Karena pameran kuliner itu anda wajib ikuti. Event seperti 17 agustusan atau event hari besar nasional lainnya bisa anda manfaatkan.
Entah itu menjadi sponsor, membuka stand produk anda atau bahkan membagikan makanan / minuman secara gratis dalam kegiatan amal misalnya.

Kegiatan amal seperti ketika terjadi bencana alam atau bencana kemanusiaan bisa menjadi cara promosi sekaligus beramal.
Keikutsertaan usaha anda dalam kegiatan amal seperti ini bisa memunculkan branding di benak masyarakat bahwa usaha anda juga peduli terhadap sesama.

Mempromosikan produk dan merk anda memang sangat cocok dilakukan di kegiatan yang melibatkan orang banyak.Produk anda akan dikenal lebih luas lagi dan jika memang produk anda sudah terbukti rasanya enak, ini akan meningkatkan kredibilitas dari usaha anda.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

8. Adakan event khusus


Buatlah event khusus seperti kontes kecil-kecilan di sosial media.Seperti membuat video review pendek tentang makanan anda.
Jika ini terlalu mainstream, cobalah membuat kontes menulis essay pendek misalkan menggunakan kata-kata yang sudah anda tentukan. Kata-katanya berkaitan dengan produk yang anda jual.

Jika ini terlalu mainstream, cobalah membuat kontes menulis essay pendek misalkan menggunakan kata-kata yang sudah anda tentukan. Kata-katanya berkaitan dengan produk yang anda jual.

Contohnya produk galendo, kata-kata yang wajib dipakai atau harus ada dalam essay tersebut yaitu galendo, kelapa, wangi, dan ciamis. Misalnya saja seperti itu.

Anda juga bisa membuat event yang sedang ramai di masyarakat. Buat kontes video tiktok dengan tema produk anda, buat acara gowes bareng dengan titik kumpul atau titik akhirnya di tempat anda.

Mengadakan live musik dengan menggaet musisi lokal juga bisa dilakukan.
Jika tempat anda cukup luas, bisa saja anda mengadakan event lain yang penting mampu menarik animo masyarakat atau suatu komunitas tertentu.

Seperti momen ketika ada piala dunia, piala eropa, atau partai super bigmatch bisa anda manfaatkan untuk mengadakan nobar di tempat anda.
Dengan sistem tiket seharga makanan plus minuman.
Selain itu cobalah untuk membuat event setiap ada menu baru yang muncul di usaha anda.

Ini bertujuan untuk cek ombak apakah menu ini bisa diterima oleh pelanggan anda atau tidak.

Berbagai bentuk promosi bisa anda lakukan, entah membagikannya secara gratis dalam bentuk kecil, menyarankan secara langsung kepada pelanggan atau promosi potongan harga dalam suatu masa periode tertentu.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

9. Naikan harga sedikit


Tidak ada salahnya ketika anda memilih untuk meningkatkan harga produk yang anda jual.
Apalagi di masa sekarang ini dimana produk bahan makanan terus meningkat.
Penyesuaian ini hanya salah satu pilihan logis agar bisnis anda tetap berjalan dan terus melayani pelanggan.
Usahakan agar penyesuaian harga ini tidak terlalu memberatkan pelanggan anda apalagi membuat galau calon konsumen karena harganya jadi tidak terjangkau.

Kenaikan seribu atau dua ribu bisa dianggap wajar. Misalnya dari 12 ribu ke 13 ribu.
Penyesuaian harga ini sebaiknya dibarengi juga dengan peningkatan kualitas khususnya bahan yang digunakan.
Sehingga ketika pembeli mengeluarkan uangnya untuk membeli produk anda, mereka tidak hanya terpuaskan lidahnya oleh produk anda tetapi mendapatkan pengalaman makan di tempat yang nyaman misalnya.
atau mendapatkan pelayanan yang menyenangkan. Itu akan menjadi nilai lebih usaha anda.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

10. Tambah meja dan kursi


Salah satu upaya demi meningkatkan kualitas layanan yaitu menambah kursi dan meja. Bagi pengusaha kuliner yang mempunyai tempat tetap salah satu masalah adalah ketika pelanggan yang sudah selesai makan tetapi masih nongkrong di mejanya sehingga pelanggan yang baru datang tidak kebagian kursi.

Atau ada konsumen yang datang sendiri memesan secangkir kopi sambil mengerjakan tugas seharian di meja yang sebetulnya anda sediakan untuk 4 orang.
Ini juga masalah jika meja dan kursi anda terbatas.
Terlalu banyak pelanggan salah, tidak ada pelanggan apalagi.Anda bisa tambah kapasitas meja kursi jika memungkinkan,beberapa kafe misalkan sekarang punya konsep kafe rooftop sehingga maksimal untuk menampung pelanggan. Atau tempat yang terbuka sehingga konsumen yang suka merokok juga bisa bebas.

Menambah kenyamanan juga bagi konsumen yang tidak merokok karena ruangan jadi bebas asap rokok.

Kafe yang terakhir saya datangi bahkan konsepnya lesehan di bawah pohon rindang. Sehingga konsumen bisa memilih untuk duduk di ruangan yang instagramable atau menyatu dengan alam di bawah pohon.

Namun pilihan untuk menambah kapasitas meja dan kursi perlu anda pertimbangkan.Apalagi jika usaha anda ditujukan untuk anak muda yang biasanya datang bergerombol.

cara meningkatkan omset bisnis makanan yang berikutnya ialah

11. Tingkatkan kualitas layanan


Omset bisnis yang lesu tidak selalu berarti dipengaruhi oleh menu, tempat atau harga.Bisa jadi karena pelayanan anda yang kurang maksimal bahkan terkesan judes, galak dan jutek. Mau bukti?Saya pernah datang ke salah satu dokter kandungan untuk mengantar istri. 

Awalnya saya hanya merasa bahwa resepsionisnya itu sedang lelah karena cukup banyak yang sedang antri sehingga terkesan judes.
Namun ketika beberapa kawan saya datang ke tempat yang sama hal yang serupa mereka alami.
Oh berarti memang seperti itu, bukan karena sedang lelah atau apa. Akhirnya saya tidak pernah mengantar istri saya cek disana lagi.
Hal seperti ini lumrah terjadi ketika kita berhubungan dengan pelayanan.

Bukannya kita tidak boleh merasa lelah atau badmood tetapi kesan yang ditangkap konsumen pertama kali akan cukup bagi mereka untuk memutuskan apakah mereka akan datang lagi atau tidak.

Berbeda halnya ketika saya datang ke sebuah cafe, begitu sampai di pintu langsung disambut senyuman hangat meski terhalang masker.
Kemudian karyawan tersebut dengan sopan mengecek suhu tubuh saya.

Ketika pulang, beberapa karyawan yang saya lewati memberikan ucapan terima kasih sudah datang dan berharap saya datang kembali.
Meski makanannya biasa saja namun keramahan para karyawan mulai dari masuk hingga pulang itu begitu terasa berkesan.Mungkin saya akan datang lagi kesana.

Selain keramahan yang seperti itu, anda juga bisa memberikan pelayanan ekstra seperti menyediakan tisu, tusuk gigi, payung untuk mengantar konsumen ke parkiran apabila hujan, lap untuk membersihkan kaca mata bila ada pelanggan berkacamata yang memesan makanan beruap dan lain sebagainya.

Ada begitu banyak yang bisa anda tawarkan kepada pelanggan demi meninggalkan kesan yang baik di benak pelanggan.
Selain itu di masa pandemi ini menyediakan tempat cuci tangan menjadi satu keharusan.
Bila memungkinkan usaha kuliner anda juga menyediakan fasilitas drive thru.

Tidak usah lah seperti pengusaha besar tetapi sesuaikan saja yang penting pelanggan anda tidak perlu turun kendaraan.Sekarang ini kan jadi serba drive thru, rapid test drive thru, wisuda drive thru hingga kondangan drive thru.

Namun Jika produk anda dimasak lama tentu tidak mungkin. Sistem drive thru ini hanya untuk makanan yang cepat atau siap saji saja.Karena jika harus menunggu 10 menit bisa macet jalanan.
Contoh kecil yang pernah saya lihat sih yang jualan es campur ketika bulan Ramadhan.Es campurnya sudah disediakan dan pas banget pemilihan lokasinya di bahu jalan yang cukup lebar sehingga para pembeli tidak menghalangi kendaraan di belakangnya.

Mungkin Itulah Yang Bisa anda coba praktekan untuk Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak