cara memaksimalkan penjualan Online dengan fitur chat

Mayoritas orang yang berjualan online itu
Pasti kalau balasin chat banyak yang malas, bener apa enggak?

Padahal kalau anda rajin balas chat, pasti penjualanmu akan naik banyak.Pokok Bahasan yang bertujuan untuk membantu teman-teman semua Supaya bisa berjualan dengan baik dan memaksimalkan Fitur Chat di marketplace.

Mayoritas orang yang berjualan online itu  Pasti kalau balesin chat males, bener apa enggak?    Padahal kalau anda rajin balas chat, pasti penjualanmu akan naik banyak Selamat datang di Blog Olahan Internet.Pokok Bahasan yang bertujuan untuk membantu teman-teman semua Supaya bisa berjualan dengan baik di marketplace.     Broadcast/super chat   Nah sekarang saya mau mengajak teman-teman ngomong tentang chat.bagaimana Trik yang Ampuh Mendongkrak penjualan Online Dengan Fitur Super Chat.Baik Itu Melalui Toko Online seperti Bukalapak,shopee,Tokopedia,dan Ribuan toko online lainya,Bahkan dengan Toko online pribadi yang menggunakan media sosial seperti Facebook,Instagram,Wahtsapp,dan lain-lain.    Saat kita berjualan di marketplace,Biasanya orang itu kalau suruh membalas chat ini malas Bener apa nggak?    Tapi sebenarnya chat itu penting sekali    Pada Artikel pembahasan kemarin, saya membuat tulisan tentang iklan. Setelah itu banyak yang berranya di email saya pada tanya:Bro,saya sudah beriklan sedemikian banyak, kok rugi terus ya    Coba tolong cek toko saya bro,Ya sudah akhirnya saya minta link tokonya.Nah setelah orang tersebut mengirim link tokonya, saya cek.Wah sebenernya jualannya bagus, setelah itu saya pura2 jadi customer    Saya tes...Hallo gan...ready apa enggak?    Lha jawabannya hanya : Ready silakan diorder Cuma gitu aja.Padahal sebenernya kan kalau chat itu, kalau memang kita profesional Balas chat itu tidak hanya seperti itu Harusnya kita memanfaatkan fitur chat tersebut dengan semaksimal mungkin    Supaya saat kita di chat customer Balas chatnya itu bagus Pasti orangnya akan beli banyak...gitu lho.Lha terus cara balas chat yang bener itu gimana ya?    Pasti pada tanya caranya gimana? Lha orangnya tanya ready kan pasti jawabannya ready toh?Gitu kan?    Jadi kalau kamu ditanyain customer ready apa enggak?Ya bener jawabannya ready  Kalau barangnya ada ya.Nah jawabnya ready silakan diorder    Ya tapi terus ditambahin, Anda itu di toko sedang ada promo apa.Promonya apa, trus ada diskon enggak, ada free ongkir apa enggak?Gitu lho....dikasih tahu.Jangan lupa, terus customernya diajak untuk follow toko    Lha tujuannya apa kok follow toko?    Kalau followermu banyak, maka kamu akan semakin mudah untuk berjualan Ya entah itu di lazada, shopee, tokopedia atau bukalapak ya semua, semua follower itu perlu.    Kalau kamu punya follower yang banyak,Kalau kamu bikin status, atau upload produk,Buat feed, atau bahkan kamu live streaming.Itu yang nonton pertama kali ya followermu.Kalau followermu banyak Ini bagus untuk promosi tokomu.    Nah caranya gimana mengkombinasikan  follower toko dengan promosi yang ada di toko?    Nah begini, kalau customer tanya ready apa enggak gan?Jawabannya yang pertama adalah ready, silakan diorder.Setelah itu tambahin, jangan hanya berhenti disana saja    Tambahin gini...misalnya  Itu sebenarnya customer harus follow toko apa enggak sih?    Sebenarnya ya tidak  Lha terus mengapa kita membuat chat    Silakan follow toko kami supaya bisa menggunakan voucher ini.  Ini sebenarnya kita bermain di sugesti  Jadi kita mensugesti customer,Mengajak orang    Sebenarnya mereka tidak follow toko pun mereka bisa menggunakan voucher tersebut    Pakai voucher itu bisa, tapi dengan kita menulis chat seperti itu Orang akan berfikir  Oh...kalau mau dapat voucher ini    Berarti harus memfollow toko  Ya sudah akhirnya dia klik follow toko    Nah Anda akan mendapatkan dua keuntungan    Yang pertama mendapatkan follower  Dan yang kedua dapat order Karena customer telah dilayani dengan baik  Jadinya mereka senang untuk berbelanja di toko kita.    Ya itu salah satu triknya gimana caranya supaya Follower bertambah dan juga orderannya dapat.    Jadi gak hanya ready, silakan diorder saja  Tapi ya ditambahin lainnya.Trus kasih tahu ada promo apa, misalnya lagi...    Ada yang tanya lagi...tanya misalnya begini  Ada ukuran lain gak?Ada kak, mau ukuran berapa?Misalnya cuma gitu aja.  Jadi kita berikan sistem kerja di tempat kita  Caranya itu gimana kalau mau order  Misalnya yang ada ukuran, baju misalnya.      Misalnya ada lagi yang tanya-tanya ukuran  Kita itu daripada repot, langsung aja buat sistem Buat chat juga, tersedia dalam berbagai ukuran    Misalnya jualan baju kan ada ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya Atau ada juga warnanya Merah, kuning, hijau.    Nah itu semua disampaikan Caranya gimana? Klik varian untuk memilih Kliklah variannya untuk memilih Jadi kita informasikan kepada customer kita  Bagaimana cara untuk memilih warna atau ukuran    Nah itu salah satu tips untuk menjawab jika customer menanyakan tentang ukuran  Lainnya lagi, kalau misalnya, contohnya, di shopee.    shopee itu enak, kalau misalnya ada pesanan yang sudah masuk keranjang.  Sudah masuk keranjang belanja tetapi customer belum bayar  Itu kan sudah masuk pesanan baru, tetapi belum dibayar.    Setelah itu biasanya diapakan?Jangan cuma didoakan saja ya.Jangan cuma didoakan supaya segera bayar, tetapi juga di follow up  Di follow up dengan cara begini    Hallo kak, pesanannya ready, silakan dilanjutkan proses pembayarannya supaya bisa segera saya kirimkan.    Jadi orang akan berfikir, eh ternyata barang yang hendak saya beli itu ready.Kalau saya bayar sekarang maka bisa dikirimkan sekarang juga    Nah gitu kan enak, jadi orang akan berfikir, ya sudahlah saya bayar.Lalu, kalau sudah masuk keranjang belanja tetapi belum bayar    Belum bayar, lalu kan akhirnya tercancel  Kalau di shopee kan ada notifikasinya, pesanan tercancel karena belum dibayarkan  Nah itu diapakan? didoakan lagi? ya jangan    Ya di follow up lagi  Follow up lagi, beritahu customernya  Kak, pesanannya tercancel oleh sistem  karena apa? karena kakak belum bayar    Nah sekarang kalau kakak masih suka  Masih suka dengan barangnya dan ingin membeli Silakan diorder lagi    Ini saya tambahin diskon, supaya dia beli lagi  Jadi jangan cuma pasrah saja itu di follow up, follow up, follow up terus.    setelah itu contoh apa lagi ya, ini contoh yang paling sering nih.saya yakin ini yang biasanya bikin jengkel Kalau ditanyakan oleh customernya Pesanan saya sudah dikirim apa belum?    Sudah sampai mana?Mau jualan apa enggak, kok gak dikirim-kirim?    Kan kalau jualan dan apalagi pas ramai trus ditanya begitu kan bikin jengkel    Lagi sibuk packing tapi terus ditanyain sudah dikirim apa belum Order jam 3 tapi jam 4 sudah tanya sudah dikirim belum    Ya kadang rasanya keterlaluan Nah itu buatlah template untuk menjawab Contohnya seperti apa? contohnya misalnya    Kita memberitahu kalau sistem kerja di toko kita itu gimana    Misalnya Order yang masuk sebelum jam 3 sore Itu dikirim pada hari yang sama    Hari yang sama Tetapi jika sudah melewati jam 3 Misalnya jam 4 baru masuk ordernya, itu akan dikirim keesokan harinya    Setelah itu, beritahu lagi Kalau order yang dikirim hari ini,Itu resinya baru terupdate jam 10 malam, misalnya, kita cari amannya saja    Kalau jam 11 malam customer tanya, alasannya kita sudah tidur, gitu ya    Jadi jawabnya besoknya lagi.Jadi jawabannya itu buatlah yang enak    Jadi jawab itu gak cuma akhirnya dimarahin sama customer aja, kan bikin stress  apa lagi ya...hmmm...    Biasanya ya...  Biasanya nih kalau customer sudah order, dan selesai Dan barangnya sudah diterima customer.    Setelah itu customernya terima barang dan berkata oh bagus    Percaya tidak, kalau barangnya bagus biasanya customer itu malas memberi ulasan.Tapi...begitu barangnya datang, ternyata jelek atau rusak    Saya jamin customer akan langsung buat ...apa namanya Buat ulasan  Kasih bintang satu dan sambil memaki-maki.    Marah-marah Ini jualannya gimana? Barang jelek gini aja dikirim dan bla...bla...bla...    Tapi kalau dapat barangnya bagus, biasanya customer malas.Oleh karenanya, itu menjadi tugas kita, begitu melihat orderannya telah selesai    Kalau orderannya telah selesai, maka kirim chat lagi Chat apresiasi.    Jadi walau orderan sudah selesai jangan diabaikan.Jangan mentang-mentang uangnya sudah diterima, setelah itu anggapnya selesai    Lha ini calon prospek pelanggan kita berikutnya.Orang yang sekarang belanja, besok bisa belanja lagi lho    Nah kalau mereka dilayani dengan baik, misalnya diberikan apresiasi.Terima kasih sudah berbelanja di toko kami    Kalau kalau ada waktu, silakan sisihkan waktu untuk memberi ulasan...memberi rating    Supaya bisa...Memperbaiki pelayanan kami berikutnya    Nah biasanya ya, customer kalau diberikan pelayanan seperti ini pasti akan senang    Setelah itu mereka akan memberikan ulasan dan rating bintang 5 Sama barangnya begitu datang langsung difoto jepret...jepret...setelah itu diupload  Langsung upload dan berkata...luar biasa...    Pelayanannya bagus banget dan saya rekomendasi.Nah kalau sudah dapat ulasan seperti ini Bintang 5 dan ulasan serta foto yang bagus.Itu akan menjadi "next customer servicenya" kita    Jadi besok itu kalau kita berjualan Customer yang masuk ke toko kita dan melihat ulasan yang bagus begitu Gak usah panjang lebar menjelaskan, pasti langsung belanja    Seperti saya sendiri, jika hendak berbelanja secara online.Pasti saya akan melihat dulu, bagus atau tidak ulasannya    Kalau ulasannya dibawah bintang 4, pasti langsung saya skip Setidaknya minimal bintang 4, kalau sudah diatas bintang 4 baru saya beli    Oke...gitu yang teman-teman semua Kalau kita berjualan online.    Jualan online itu tidak sekedar beriklan  Setelah itu pasrah saja, dan saat ada yang bertanya tetap cuek aja    Tapi ya dibalas Tapi balasnya juga jangan asal-asalan balas    Balasnya itu pakai trik Biar bisa menambah jumlah follower.Lalu pesanan yang telah tercancel itu melakukan order ulang    Lalu yang sudah masuk keranjang belanja itu bagaimana caranya supaya segera bayar    Lalu bagaimana caranya menghadapi customer yang komplain barang belum diterima Itu tidak marah?    Setelah itu...untuk orderan yang sudah selesai Dilayani dengan baik dan diberikan apresiasi    Dan kalau bisa diberikan bonus untuk pembelian berikutnya    Sehingga customer jadi senang semua  Kalau customer senang maka nilai tokomu akan naik    Kalau nilai tokomu bagus, maka penjualan di kemudian hari akan lebih mudah    Ya gitu ya teman-teman semua Itu saja ya, mudah-mudahan Apa yang saya ulas ini bermanfaat      Bagaimana trik-triknya jualan di marketplace  Supaya teman-teman jadi pintar semua    Jadi top seller semua, jadi sukses semua, dan besok kalau ketemu saya ya saya ditraktir.sampai Jumpa di Tulisan Selanjutnya.
Broadcast/super chat
Nah sekarang saya mau mengajak teman-teman ngomong tentang chat.bagaimana Trik yang Ampuh Memaksimalkan penjualan Online Dengan Fitur Super Chat.Baik Itu Melalui Toko Online seperti Bukalapak,shopee,Tokopedia,dan Ribuan toko online lainya,Bahkan dengan Toko online pribadi yang menggunakan media sosial seperti Facebook,Instagram,Wahtsapp,dan lain-lain.

Saat kita berjualan di marketplace,Biasanya orang itu kalau di suruh membalas chat ini malas Bener apa nggak?

Tapi sebenarnya fitur chat itu penting sekali dalam mengembangkan bisnis dari berbagai penjualan online di internet.

Pada Artikel pembahasan kemarin, saya membuat tulisan tentang Cara Meningkatkan Omset Bisnis Makanan Terbaru 2020. Setelah itu banyak yang bertanya di email saya pada tanya:Bro,saya sudah beriklan sedemikian banyak, kok rugi terus ya

Coba tolong cek toko saya bro,Ya sudah akhirnya saya minta link tokonya.Nah setelah orang tersebut mengirim link tokonya, saya cek.Wah sebenernya jualannya bagus, setelah itu saya pura2 jadi customer

Saya tes...Hallo gan...ready apa enggak?

Lha jawabannya hanya : Ready silakan diorder Cuma gitu aja.Padahal sebenernya kan kalau chat itu, kalau memang kita profesional Balas chat itu tidak hanya seperti itu Harusnya kita memanfaatkan fitur chat tersebut dengan semaksimal mungkin

Supaya saat kita di chat customer Balas chatnya itu bagus Pasti orangnya akan beli banyak...gitu lho.Lha terus cara balas chat yang bener itu gimana ya?

Pasti pada tanya caranya gimana? Lha orangnya tanya ready kan pasti jawabannya ready toh?Gitu kan?

Jadi kalau kamu ditanyain customer ready apa enggak?Ya bener jawabannya ready
Kalau barangnya ada ya.Nah jawabnya ready silakan diorder

Ya tapi terus ditambahin, Anda itu di toko sedang ada promo apa.Promonya apa, trus ada diskon enggak, ada free ongkir apa enggak?Gitu lho....dikasih tahu.Jangan lupa, terus customernya diajak untuk follow toko

Lha tujuannya apa kok follow toko?

Kalau followermu banyak, maka kamu akan semakin mudah untuk berjualan Ya entah itu di lazada, shopee, tokopedia atau bukalapak ya semua, semua follower itu perlu.

Kalau kamu punya follower yang banyak,Kalau kamu bikin status, atau upload produk,Buat feed, atau bahkan kamu live streaming.Itu yang nonton pertama kali ya followermu.Kalau followermu banyak Ini bagus untuk promosi tokomu.

Nah caranya gimana mengkombinasikan  follower toko dengan promosi yang ada di toko?

Nah begini, kalau customer tanya ready apa enggak gan?Jawabannya yang pertama adalah ready, silakan diorder.Setelah itu tambahin, jangan hanya berhenti disana saja

Tambahin gini...misalnya
Itu sebenarnya customer harus follow toko apa enggak sih?

Sebenarnya ya tidak
Lha terus mengapa kita membuat chat

Silakan follow toko kami supaya bisa menggunakan voucher ini.
Ini sebenarnya kita bermain di sugesti
Jadi kita mensugesti customer,Mengajak orang

Sebenarnya mereka tidak follow toko pun mereka bisa menggunakan voucher tersebut

Pakai voucher itu bisa, tapi dengan kita menulis chat seperti itu Orang akan berfikir
Oh...kalau mau dapat voucher ini

Berarti harus memfollow toko
Ya sudah akhirnya dia klik follow toko

Nah Anda akan mendapatkan dua keuntungan

Yang pertama mendapatkan follower
Dan yang kedua dapat order Karena customer telah dilayani dengan baik
Jadinya mereka senang untuk berbelanja di toko kita.

Ya itu salah satu triknya gimana caranya supaya Follower bertambah dan juga orderannya dapat.

Jadi gak hanya ready, silakan diorder saja
Tapi ya ditambahin lainnya.Trus kasih tahu ada promo apa, misalnya lagi...

Ada yang tanya lagi...tanya misalnya begini
Ada ukuran lain gak?Ada kak, mau ukuran berapa?Misalnya cuma gitu aja.
Jadi kita berikan sistem kerja di tempat kita
Caranya itu gimana kalau mau order
Misalnya yang ada ukuran, baju misalnya.


Misalnya ada lagi yang tanya-tanya ukuran
Kita itu daripada repot, langsung aja buat sistem Buat chat juga, tersedia dalam berbagai ukuran

Misalnya jualan baju kan ada ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya Atau ada juga warnanya Merah, kuning, hijau.

Nah itu semua disampaikan Caranya gimana? Klik varian untuk memilih Kliklah variannya untuk memilih Jadi kita informasikan kepada customer kita
Bagaimana cara untuk memilih warna atau ukuran

Nah itu salah satu tips untuk menjawab jika customer menanyakan tentang ukuran
Lainnya lagi, kalau misalnya, contohnya, di shopee.

shopee itu enak, kalau misalnya ada pesanan yang sudah masuk keranjang.
Sudah masuk keranjang belanja tetapi customer belum bayar
Itu kan sudah masuk pesanan baru, tetapi belum dibayar.

Setelah itu biasanya diapakan?Jangan cuma didoakan saja ya.Jangan cuma didoakan supaya segera bayar, tetapi juga di follow up
Di follow up dengan cara begini

Hallo kak, pesanannya ready, silakan dilanjutkan proses pembayarannya supaya bisa segera saya kirimkan.

Jadi orang akan berfikir, eh ternyata barang yang hendak saya beli itu ready.Kalau saya bayar sekarang maka bisa dikirimkan sekarang juga

Nah gitu kan enak, jadi orang akan berfikir, ya sudahlah saya bayar.Lalu, kalau sudah masuk keranjang belanja tetapi belum bayar

Belum bayar, lalu kan akhirnya tercancel
Kalau di shopee kan ada notifikasinya, pesanan tercancel karena belum dibayarkan
Nah itu diapakan? didoakan lagi? ya jangan

Ya di follow up lagi
Follow up lagi, beritahu customernya
Kak, pesanannya tercancel oleh sistem
karena apa? karena kakak belum bayar

Nah sekarang kalau kakak masih suka
Masih suka dengan barangnya dan ingin membeli Silakan diorder lagi

Ini saya tambahin diskon, supaya dia beli lagi
Jadi jangan cuma pasrah saja itu di follow up, follow up, follow up terus.

setelah itu contoh apa lagi ya, ini contoh yang paling sering nih.saya yakin ini yang biasanya bikin jengkel Kalau ditanyakan oleh customernya Pesanan saya sudah dikirim apa belum?

Sudah sampai mana?Mau jualan apa enggak, kok gak dikirim-kirim?

Kan kalau jualan dan apalagi pas ramai trus ditanya begitu kan bikin jengkel

Lagi sibuk packing tapi terus ditanyain sudah dikirim apa belum Order jam 3 tapi jam 4 sudah tanya sudah dikirim belum

Ya kadang rasanya keterlaluan Nah itu buatlah template untuk menjawab Contohnya seperti apa? contohnya misalnya

Kita memberitahu kalau sistem kerja di toko kita itu gimana

Misalnya Order yang masuk sebelum jam 3 sore Itu dikirim pada hari yang sama

Hari yang sama Tetapi jika sudah melewati jam 3 Misalnya jam 4 baru masuk ordernya, itu akan dikirim keesokan harinya

Setelah itu, beritahu lagi Kalau order yang dikirim hari ini,Itu resinya baru terupdate jam 10 malam, misalnya, kita cari amannya saja

Kalau jam 11 malam customer tanya, alasannya kita sudah tidur, gitu ya

Jadi jawabnya besoknya lagi.Jadi jawabannya itu buatlah yang enak

Jadi jawab itu gak cuma akhirnya dimarahin sama customer aja, kan bikin stress
apa lagi ya...hmmm...

Biasanya ya...
Biasanya nih kalau customer sudah order, dan selesai Dan barangnya sudah diterima customer.

Setelah itu customernya terima barang dan berkata oh bagus

Percaya tidak, kalau barangnya bagus biasanya customer itu malas memberi ulasan.Tapi...begitu barangnya datang, ternyata jelek atau rusak

Saya jamin customer akan langsung buat ...apa namanya Buat ulasan
Kasih bintang satu dan sambil memaki-maki.

Marah-marah Ini jualannya gimana? Barang jelek gini aja dikirim dan bla...bla...bla...

Tapi kalau dapat barangnya bagus, biasanya customer malas.Oleh karenanya, itu menjadi tugas kita, begitu melihat orderannya telah selesai

Kalau orderannya telah selesai, maka kirim chat lagi Chat apresiasi.

Jadi walau orderan sudah selesai jangan diabaikan.Jangan mentang-mentang uangnya sudah diterima, setelah itu anggapnya selesai

Lha ini calon prospek pelanggan kita berikutnya.Orang yang sekarang belanja, besok bisa belanja lagi lho

Nah kalau mereka dilayani dengan baik, misalnya diberikan apresiasi.Terima kasih sudah berbelanja di toko kami

Kalau kalau ada waktu, silakan sisihkan waktu untuk memberi ulasan...memberi rating

Supaya bisa...Memperbaiki pelayanan kami berikutnya

Nah biasanya ya, customer kalau diberikan pelayanan seperti ini pasti akan senang

Setelah itu mereka akan memberikan ulasan dan rating bintang 5 Sama barangnya begitu datang langsung difoto jepret...jepret...setelah itu diupload
Langsung upload dan berkata...luar biasa...

Pelayanannya bagus banget dan saya rekomendasi.Nah kalau sudah dapat ulasan seperti ini Bintang 5 dan ulasan serta foto yang bagus.Itu akan menjadi "next customer servicenya" kita

Jadi besok itu kalau kita berjualan Customer yang masuk ke toko kita dan melihat ulasan yang bagus begitu Gak usah panjang lebar menjelaskan, pasti langsung belanja

Seperti saya sendiri, jika hendak berbelanja secara online.Pasti saya akan melihat dulu, bagus atau tidak ulasannya

Kalau ulasannya dibawah bintang 4, pasti langsung saya skip Setidaknya minimal bintang 4, kalau sudah diatas bintang 4 baru saya beli

Oke...gitu yang teman-teman semua Kalau kita berjualan online.

Jualan online itu tidak sekedar beriklan
Setelah itu pasrah saja, dan saat ada yang bertanya tetap cuek aja

Tapi ya dibalas Tapi balasnya juga jangan asal-asalan balas

Balasnya itu pakai trik Biar bisa menambah jumlah follower.Lalu pesanan yang telah tercancel itu melakukan order ulang

Lalu yang sudah masuk keranjang belanja itu bagaimana caranya supaya segera bayar

Lalu bagaimana caranya menghadapi customer yang komplain barang belum diterima Itu tidak marah?

Setelah itu...untuk orderan yang sudah selesai Dilayani dengan baik dan diberikan apresiasi

Dan kalau bisa diberikan bonus untuk pembelian berikutnya

Sehingga customer jadi senang semua
Kalau customer senang maka nilai tokomu akan naik

Kalau nilai tokomu bagus, maka penjualan di kemudian hari akan lebih mudah

Ya gitu ya teman-teman semua Itu saja ya, mudah-mudahan Apa yang saya ulas ini bermanfaat


Bagaimana trik-triknya jualan di marketplace
Supaya teman-teman jadi pintar semua

Jadi top seller semua, jadi sukses semua, dan besok kalau ketemu saya ya saya ditraktir.sampai Jumpa di Tulisan Selanjutnya.

Sumber:cara memaksimalkan penjualan Online dengan fitur chat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak