Orangtua Harus Tau! Ini Penyebab Anak Remaja Memiliki Sifat Tempramental

Topik Referensi.Dalam kisah perjalanan suatu keluarga,sudah di pastikan selalu saja banyak badai yang menghadang. salah satunya adalah dimana Orangtua tidak menyadari hal-hal sepele yang terabaikan ternyata bisa membawa efek yang besar bagi masa depan suatu keluarga.terutama dalam hal mendidik anak yang sudah beranjak dewasa(Anak Remaja)

Jika hal-hal ini tetap tidak di robah maka dari sinilah munculnya Anak Remaja Memiliki Sifat Tempramental.

faktor yang menjadi penyebab anak remaja memiliki Sifat Tempramental
Sifat tempramental pada anak remaja

Anak Remaja adalah dimana masa seseorang menjalani umur belasan tahun,pada masa remaja ini  seseorang itu tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat juga di sebut anak anak.defenisi terbaiknya yaitu masa peralihan manusia dari anak-anak menuju langkah dewasa.

masa peralihan anak - anak menuju dewasa berada di antara umur 11 tahun sampai umur 21 tahun.

di antara usia tersebut  manusia belum memiliki pola fikir yang ter kontrol tentu di harapkan mendapat dukungan dan perhatian penuh dari pihak pihak terdekatnya baik berupa keluarga maupun orangtuanya sendiri.


lalu apa Penyebab Anak Remaja Memiliki Sifat Tempramental?Temperamental adalah sebuah keadaan dimana anak-anak mudah sekali terganggu emosinya, ekspresi yang dimunculkanpun beragam seperti tenang, menyendiri atau malah sebaliknya, aktif, marah-ledak, kebebasan berbagai benda kebahagiaan, menangis dan berbagai ekspresi lainnya.

Orangtua Harus Tau inilah salah satu gangguan yang tidak di antsipasi dari dini maka bisa menjadi berkembang dan menjadi watak tetap seseorang disaat menginjak usia dewasa nantinya.


faktor yang menjadi penyebab anak remaja memiliki Sifat Tempramental adalah sebagai berikut:


1.Kesehatan Fisik Dan Mental Anak

Anak yang sedang mengalami gangguan kesehatan Fisik dan mental Anak akan mengakibatkan sifat temperamental.Seperti bawaan lahir maupun dari penyebab benturan pada bagian otak,sehingga daya berfikir si anak tidak normal. untuk hal ini cara mengantisipasinya dengan mencoba penyembuhan pada terapis atau ahli yang mampu di bidang ini.

2..Orangtua Yang Terlalu Otoriter Pada Anaknya

Orangtua yang tidak memberi ruang diskusi pada  anak ,baik berupa keleluasaan anak ,terlebih lagi jika di barengi dengan kontak kekerasan baik dalam suara maupun dalam fisik seperti membentak,memberi celaan,hingga memukul anak.maka akan menciptakan mental si anak menjadi penakut,memiliki sifat kecemasan yang tinggi dan minder dalam pergaulan dampaknya sianak akan susah berkembang pada sosialisasi di ruang lingkup masyarakat.

3. Orangtua Yang Terlalu Memanjakan Anak

Orangtua yang selalu memanjakan Anaknya maka akan menimbulkan sianak menjadi merasa Bos bagi orangtuanya.jika sewaktu waktu si anak menginginkan sesuatu namun tidak di turuti, maka ia akan marah marah dan tidak akan menghargai orangtuanya ,kadang menangis sekeras kerasnya dan bisa jadi akan mempermalukan orangtuanya di lingkungan masyarakat .maka diharapkan bagi  orangtua supaya baik dalam mendiskusikan segalanya dengan baik,terutama dalam penanaman budaya dan sopan santun.

4. Orangtua Yang Selalu Konflik

Orangtua yang selalu mengalami Konflik atau pertentangan di tengah keluarga seperti Kekerasan yang terjadi di tengah keluarga tersebut akan sangat memberi dampak buruk pada perkembangan mental anak .
Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang selalu bersiklus temperamen suka mudah marah, mudah tersinggung bersama dengan yang dia saksikan dari orang tuannya.jadi alangkah baiknya orangtua menyelesaikan segala masalah dalam keluarga Tanpa di saksikan oleh anak.

5.Pengaruh Dari Kebohongan Orangtua Pada Anak

Terkadang orang tua sering membohongi dengan cara agar tidak menangis atau sebagai cara untuk mengantisipaskan sesuatu yang orang tua tidak sanggup untuk membelinya. Contoh kasus adalah orang tua yang pergi dari rumah untuk anak-anak, membujuk anak-anak sesuai dengan orang tua dan menjanjikan dengan hadiah tertentu namun pada akhirnya hadiah yang dijanjikan ini tidak pernah diberikan, membohongi anak-anak dengan menyebut tukang mainan sebagai orang gila agar anak tidak meminta mainan , membohongi anak dengan menunjuk seseorang adalah pak polisi dengan tujuan agar anak berhenti menangis dan beragam teknik dan trik lainnya yang dilakukan oleh orang tua pada anaknya.
jika hal tersebut di lakukan  banyak hal buruk yang akan menimpa mental anak menjadi penakut dan suka melawan.

6.Tidak mendapatkan kasih sayang dari ayah dan ibunya

Banyak sekali anak-anak yang semenjak bayi sudah ditinggal pergi oleh ayah dan ibu yang bekerja saat pagi hari malam. Ia pergi saat ini masih tertidur dan kembali lagi. Akhirnya sang anak menikmati hari-hari bersama pembantunya, jauh dari belain kasih sayang orang tua. Terlebih lagi jika pembantu yang mengasuhnya memberikan pengasuhan hanya sebatas pengerjaan tanpa kebebasan rasa cinta, cinta dan sayang pada anak-anak tersebut.sehingga anak itu merasa hidup dengan emosional sendiri tanpa pernah mengalami kontrol diri dari oranglain sehingga terbentuknya sifat tempramental.

Anak kita adalah anugerah terindah ,titipan Tuhan buat para orangtua,alangkah baiknya jika kita menanamkan hal hal yang positif,pada si buah hati,supaya kelak menjadi anak yang bisa di andalkan pada lingkungan masyarakat,bermoral dan bermartabat.

itulah Penyebab Anak Remaja Memiliki Sifat Tempramental yang perlu di hilangkan dari cara cara orangtua dalam mendidik anak.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak