Bahan Bahan Dan Cara Membuat Masakan Oblak Oblak Ayam Batak Simalungun.

Topik Referensi Bahan Bahan Dan Cara Membuat Masakan Oblak Oblak Ayam Batak Simalungun.
Makanan tradisional Indonesia dari tanah batak yang khas dari Simalungun. Sering mencicipi masakan oblak-oblak saat masih bermukin di Pematang Siantar. Resep Masakan ini tanpa menggunakan minyak goreng untuk menumis dan bahkan tanpa santan. Salah satu yang membuat masakan ini menjadi sangat khas adalah campuran bahan rempah alam didalam nya yaitu asam sikala dan juga andaliman.

Untuk mendapat kan rempah ini bukan hal yang sangat susah, karena sudah banyak kita temukan di daerah tanah batak. Andaliman ini dengan tekstur rasa  yang pahit,getar dan mempunyai bau wangi yang sangat unik, sedangkan asam  sikala adalah buah dari bunga yang kerap disebut ditanah batak kincung. Rasa asam ini segar pada bagian kulit nya dan bau kincung yang wangi itu lah membuat khas pada bumbu rempah yang satu ini. Perpaduan dari kedua bahan rempah ini jelas tidak diragukan lagi. Rasa asam,pedas yang sangat menggetarkan lidah dengan aroma khas nya sangat berbeda dari yang lain nya.

Untuk semua sahabat pecinta resep masakan yang belum pernah merasakan oblak oblak ayam batak simalungun pada artikel ini saya memberikan resep dan cara pembuatan nya.

Resep masakan oblak-oblak ayam batak simalungun
Resep masakan oblak-oblak ayam batak simalungun


Bahan Bahan Membuat Masakan Oblak Oblak Ayam Batak Simalungun.


  1. 8 porsi
  2. 900 g Ayam kampung
  3. 2 ruang jari Jahe
  4. 11 buah Bawang Merah
  5. 7 siung Bawang Putih
  6. 7 buah Kemiri
  7. 7 buah Cabai rawit
  8. 4 buah Asam sikala
  9. 10 g Andaliman
  10. 11/2 sdt Garam

Csra Membuat Masakan Oblak Oblak Ayam Batak Simalungun.


  • Buang bagian keras asam sikala. 
  • Blender semua bumbu. 
  • Masukkan bumbu dalam ayam kampung yang sudah dipotong kecil-kecil, tambahkan garam secukup nya
  • Masak ayam hingga matang. Kalau menggunakan panci presto, masak setengah matang. Setelah itu buka tutup panci lalu lanjutkan memasak hingga ayam empuk dan matang. Tujuan agar bumbu oblok-oblok meresap.
  • Dengan cara proses ini sobat semua bisa merasakan dan menghidang  kan masakan buat para keluarga kita sendiri, dengan ketlatenan kita sendiri yang pasti rasa masakan yang khas dan unik akan mengunggah selera bagi siapapun yang melihat nya.

Semoga artikel Bahan Bahan Dan Cara Membuat Masakan Oblak Oblak  Ayam Batak Simalungun ini semakin menambah wawasan dan pengetahuan pada semua sahabat yang suka dengan memasak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Warga Batak

Formulir Kontak